Kamis, 21 Agustus 2014

Makna Dalam Motif Baju Batik

Motif batik yang disebut dengan motif batik parang rusa adalah ebuah motif yang menceritakan bagian atas dari burung yang bisa berupa burung rajawali dan juga burung garuda. Pada bagian kepala adalah bagian tempat otak burung tersebut yag jika diartikan seara harfiah merupakan perlambang kecerdasan burung tersebut.
Selain bagian kepada yang menggambarkan kecerdasan burung tersebut ada juga bagian lidah dari burung tersebut yang merupakan bagian yang menggambarkan paruh yang dilukiskan dalam batik sebagai bentuk yang menggambarkan lidah api. Motif baju batik yang menggambarkan bentuk lidah api ini mencerminkan bahwa apa yang keluar dari mulut dalam bentuk ucapan dapat memberi makna yang berbeda beda bagi setiap orang. Ucapan tersebut dapat membawa kedamaian dan bahkan bisa membawa malapetaka. Motif ini memiliki makna untuk kita agar lebih berhati ati dengan segala hal yang hendak kita ucapkan.
Selain itu ada bagian  tuding atau dalam bentuknya adalah berupa jari dan bagian ini digambarkan berbentuk seperti jari telunjuk. Motif  batik yang menggambarkan jari telunjuk ini memiliki makna agar seorang yang menjadi pemimpin bagi suatu kaum harus sangat berhati hati dalam setiap tudingan yang dia lakukan karena hal ini akan sangat berpengaruh dalam  kehidupan orang yang sedang dia tuding dan juga berpangaruh terhadap kehidupan masyarakat banyak.

Kesederhanaan yang dibuat dalam motif batik pada bagian badan burung menunjukkan bahwa setiap manusia seharusnya memiliki kekuatan fisik yang cukup baik dan memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik itu adalah sesuatu hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Masing-masing yang ada pada desain dari motif baju batik yang kita sebutkan diatas terdapat dalam bingkai garis kontur yang dalam ilmu pembuatan batik sering disebut dengan sawut, yang memiliki warna coklat soga yang jika diterjemahkan akan memiliki arti sebagai sebuah semangat. Motif batik yang tercipta dari para tangan ahli dan seniman batik yang ada di Nusantara ini adalah motif batik yang mencerminkan harapan dan juga keinginan mereka yang dicurahkan dalam sebuah motif batik yang mereka ciptakan dan kembangkan menjadi sebuah motif yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar